Wakaf Air Bersih

Rp500,000

Berwakaf untuk sumber air bersih di tengah ancaman kemarau panjang, sungguh amal yang prioritas bagi Insan Dermawan. “Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah …sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya “(HR. Ibnu Majah).

Kategori: Tag: , ,

Berwakaf untuk sumber air bersih di tengah ancaman kemarau panjang, sungguh amal yang prioritas bagi Insan Dermawan.

Telah kita maklumi bersama bahwa air adalah sumber kehidupan, manusia bisa bertahan hidup lebih lama hanya dengan mengkonsumsi air dibanding dengan mengkonsumsi makanan tanpa mendapatkan air. Maka jika kita mampu menyediakan sumber air bersih bagi sekelompok penduduk pahala menyelamatkan hidup dan pahala lainnya dari penggunaan air itu yang diridhoi Allah sungguh tak terhingga.

Tetapi ternyata manfaat wakaf sumber air bersih tak berhenti disana banyak hal kebaikan yang menyertainya. Seorang Guru penerima manfaat air bersih di Cicalengka menceritakan bahwa dulu ketika sumber air yang ada berwarna keruh maka dia harus belanja seragam dinas sampai 2-3 kali dalam setahun, karena air kotor rupanya cepat merusak kainnya. Setelah mendapatkan sumber air bersih, pakaiannya pun lebih awet dan selalu nampak segar secara ekonomi cukup membantu.

Di Pacet lebih lucu lagi, ada 2 Rumah yang bertetangga dan masih terikat tali saudara telah lama kurang harmonis, tetapi ketika diberi wakaf sumber air bersih di sekitar rumah mereka maka Keponakannya yang ditunjuk sebagai pengelola ‘terpaksa’ harus berbaikan dengan Pamannya pemilik tanah wakaf yang digunakan untuk sumber air bersih itu maka harmonislah mereka dalam kegembiraan melimpahnya air bersih di dekat mereka. Air bersih ternyata bisa menjadi sumber kerukunan.

Tak berhenti disana di beberapa wilayah yang telah mendapatkan wakaf sumber air bersih lengkap dengan meteran ke setiap rumah penerima manfaat yang kemudian dikelola oleh warga dengan bimbingan kita. Ternyata mereka mampu mengelolanya dengan baik dan menghasilkan profit yang sehat setiap bulannya. Sehingga banyak kisah bahagia mengalir dari mereka. Kini melalui sumber air bersih yang terus mengalir dan mereka dibimbing untuk mengelolanya secara amanah dan kekeluargaan, maka warganya sekarang bisa berkurban dari kas mereka bahkan mereka mampu memperbaiki jalan gang yang rusak tanpa harus mengajukan sumbangan kemanapun, cukup diambil dari sebagian kas pengelolaan air bersih mereka sendiri. Sarana Air Bersih yang dikelola secara tepat bisa menjadi sumber kemandirian warga.

Nyata benar bahwa wakaf sumber air bersih bukan hanya membantu menyediakan sumber kehidupan buat warga tapi juga sumber kerukunan dan sumber kemandirian. Maka disaat kita tengah memasuki musim kemarau yang diprediksi panjang dan berdampak lebih di 30% wilayah Indonesia menurut BMKG, berwakaf untuk sumber air bersih adalah amal yang prioritas bagi Insan Dermawan.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Wakaf Air Bersih”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top
Terima kasih telah beramal
45 menit lalu